Search This Blog

Loading...

Introduction

Bermula dari dirangkai. Titik demi titik dirangkai menjadi garis. Garis demi garis dirangkai menjadi huruf. Huruf demi huruf dirangkai menjadi kata. Kata demi kata dirangkai menjadi kalimat. Kalimat demi kalimat dirangkai menjadi alinea.

Sunday, May 23, 2010

What Diah Has Translated: Melumpuhkan Neoliberalisme: Perspektif Interdispliner dalam Menentukan dan Membayangkan Tanpa/Kecakapan dan kelainan Fisik


Konferensi Internasional interdisipliner yang diselenggarakan oleh Departemen Studi Jender dan Antropologi, Fakultas Humaniora, Charles University di Praha

Tanggal: 8-9 Oktober 2010
Batas Waktu Proposal: 20 June 2010
Tuan Rumah: Fakultas Humaniora, Charles University di Praha, Republik Ceko

Rekonfigurasi (atau perpecahan) neoliberalisme ‘sosial’ dan kecenderungan membatasi tanggung jawab individual sebagai tanggapan masalah-masalah sosial telah semakin dikemukakan; terutama, para sarjana telah menunjukkan dampak-dampak berlebihan terhadap jaringan-jaringan ‘pribadi’ dan pendukung yang ada di masyarakat, keluarga dan sebaliknya. Demikian pula, prasangka-prasangka baru muncul dalam menanggapi interpelasi tentang mengurus kehidupan seseorang dan resiko tanggung jawabnya (seperti ‘kewirausahaan diri (entrepreneurial self)’, ‘diri pribadi (private self)’ dll) telah menjadi topik diskusi penting.

Namun, dengan sedikit pengecualian, pengaruh neoliberalisme belum pernah diteliti interaksi spesifiknya dengan kecacatan, atau pengaruh (tanpa/kecakapan) tertentu terhadap kehidupan orang-orang dengan berbagai macam kecacatan. Demikian juga belum diteliti kemungkinan-kemungkinan sebelumnya mengenai bentuk-bentuk neoliberal pemerintahan dalam kaitannya dengan tanpa/kecakapan dan kelainan fisik/psikis/mental/indera.

Oleh karena itu, konferensi ini bertujuan untuk:
-Memetakan cara-cara pemerintah neoliberalisme mempengaruhi para penyandang cacat;
-Meneliti bagaimana dan dengan cara apa kecacatan terjadi dan dengan cara apa penyandang cacat tubuh harus berhubungan dengan bentuk-bentuk (baru) bio-kuasa (bio-power) dan bio-kapitalisasi (bio-capitalisation) kehidupan manusia, atau semacam mendefinisikan ulang ‘manusia’;
-Merumitkan silsilah sejarah bentuk-bentuk kekuasaan neoliberal ini dengan menguraikan rasionalitas dan kategori diferensiasi yang bisa dihubungkan dengan rasionalitas neoliberal kini, pada saat bersamaan mencari arkeologi bentuk-bentuk imajinasi, kategorisasi dan diferensiasi.
-Akhirnya, kami berharap terlibat dalam diskusi aktif untuk menggambarkan kemungkinan aliansi-aliansi antara kaum feminis, cacat, terasing, etnis/rasial serta kritik-kritik kelas (dan kemungkinan-kemungkinan konfliknya) neoliberalisme dan pemerintahan neoliberalisme. Untuk tujuan ini, kami merencanakan menyelenggarakan diskusi meja bundar.

Kami sengaja ingin membuat sebuah forum pertukaran interdisipliner dan menguji makalah dari berbagai bidang humaniora dan ilmu sosial (budaya, ilmu sastra dan visual, sejarah dan sejarah seni, sosiologi, antropologi dan lainnya). Demikian pula, secara khusus menyerukan perspektif titik-temu dan makalah yang meneliti pemerintahan neoliberal mengenai kecacatan dalam kaitannya dengan jender, seksualitas, etnis, ras dan kelas.

Kami mengusulkan dialog-dialog konferensi dipusatkan pada tema-tema dan pertanyaan-pertanyaan berikut.
a) Pemerintahan neoliberal terhadap ‘subyek cacat’
Pertama, menyelidiki kegagalan pemerintahan neoliberal terhadap bukan penyandang cacat tubuh, kami menyerukan makalah yang mendiskusikan hal-hal tertentu yang mempengaruhi hubungan kekuasaan dengan para penyandang cacat. Kami mengharapkan makalah yang – sebagai contoh – menyelidiki cara-cara politik privatisasi neoliberal mempengaruhi para penyandang cacat; menyelidiki bentuk-bentuk tanggung jawab yang telah diatur dalam kaitannya dengan kesehatan dan kecakapan/kemampuan seseorang serta pengaruh-pengaruh somatiknya. Demikian pula, kami menguji refleksi-refleksi kritis mengenai rasionalitas yang membentuk diri/’subyek cacat’; atau makalah yang menguraikan tantangan-tantangan diskursus neoliberal yang bervariasi, kebebasan memilih individu dll. bagi penyandang cacat, lumpuh serta kaum feminis, terasing, politik multikultural/multietnis dan agenda-agendanya.
b) Harapan neoliberal terhadap ‘kecacatan’
Kedua, kami mendorong makalah yang menyelidiki bentuk-bentuk baru biopolitik dan interaksinya dengan tanpa/kecakapan. Isu-isu yang mungkin ditujukan termasuk: hubungan-hubungan biopolitik dan bioekonomi; bentuk-bentuk dan rasionalitas kegiatan ekonomi, bentuk-bentuk baru ‘nilai hidup’ dan rasionalitas-rasionalitas (ekonomi) yang menentukan ‘kualitas hidup’; rasionaltas-rasionalitas baru eugenika; mendefinisikan ulang neoliberal terhadap etika-etika kepedulian, keintiman, seksualitas dan kesalingtergantungan. Bagaimana biopolitik neoliberal membentuk perspektif masa depan ‘manusia’ dan kelainan (fisik), atau bagaimana hal itu membentuk gagasan tentang masa depan?
c) Perspektif historis tentang pengetahuan dan gambaran kelainan fisik dan fisik luar biasa
Ketiga, kami membuka seruan perspektif historis yang menunjukkan silsilah genealogis bentuk-bentuk rasionalitas neoliberal, disiplin dan/atau indentifikasi juga merumitkan naratif master ini. Terhadap dua perspektif tersebut, kami menguji makalah yang menyajikan dan mendiskusikan berbagai bentuk teori-teori besar awal modern, teratologi, komersialisasi pertunjukan orang tidak normal, komodifikasi kelainan (fisik), klasifikasi dan/atau tipologi kelainan fisik/mental/indera, terlahir cacat, rasionalitas teori-teori eugenika. Sekali lagi, kami juga tertarik makalah yang meninjau perkembangan/bayangan masa depan tentangan fisik luar biasa
d) Aliansi dalam melumpuhkan neoliberalisme: Diskusi mejabundar dengan pembicara yang mendiskusikan kemungkinan aliansi (dan/atau konflik) antara berbagai posisi penting

Informasi penting:
Persyaratan aplikasi. Kami menguji abstrak yang terdiri dari 20 catatan makalah yang terkait dengan salah satu topik yang diuraikan dalam CFP. Abstrak harus berbahasa Inggris dan tidak melebihi 300 kata. Mohon sertakan catatan biografi singkat tidak lebih 250 kata yang menguraikan minat riset saat ini, publikasi terbaru, akademik afiliasi Anda.

Batas waktu penyerahan abstrak: 30 June 2010.

Pemberitahuan: Panitia akan meninjau pemohon dan memberitahukan kandidat terpilih untuk berpartisipasi pada pertengahan Juli 2010.

Hubungi:kater_kolar@gmx.de
Organisasi: Katerina Kolářová, Lucie Storchová, dan dukungan mahasiswa.

Tidak ada biaya dan kami mengurus akomodasi dan makan anda selama konferensi! Namun, perlu diketahui biaya perjalanan hanya bisa diberikan dalam hal-hal luar biasa dan kami meminta peserta untuk mengirimkan segera biaya perjalanan dari institusi asalnya.

Konferensi berbahasa Inggris. Mohon jelaskan kebutuhan aksesibilitas anda juga kemungkinan persyaratan lainnya (penitipan anak, makanan), kami akan melakukan yang terbaik untuk memenuhinya atau terserah anda menentukan apa yang bisa kami lakukan. Kami memohon peserta memberitahukan persyaratan yang diminta atau kebutuhan khusus lainnya pada tanggal 20 Juni 2010.

No comments:

Post a Comment