Search This Blog

Loading...

Introduction

Bermula dari dirangkai. Titik demi titik dirangkai menjadi garis. Garis demi garis dirangkai menjadi huruf. Huruf demi huruf dirangkai menjadi kata. Kata demi kata dirangkai menjadi kalimat. Kalimat demi kalimat dirangkai menjadi alinea.

Saturday, July 24, 2010

What Diah Has Translated: Disabilitas & Masa Victorian: Mengemukakan Warisan

Leeds Centre for Victorian Studies
Disabilitas & Masa Victorian: Mengemukakan Warisan
30 Juli - 1 Agustus 2012
Leeds Trinity University College
Pengumuman dan Seruan untuk Menulis Makalah Pertama

 
Abad kesembilan belas adalah masa di mana disabiltas dikonsepkan, dikategorikan dan didefinisikan. Revolusi industri, kemajuan di bidang kedokteran, kemunculan filantropi dan perkembangan panti memainkan peranannya dalam menciptakan apa yang kini masyarakat gambarkan sebagai model medis disabiltas.
 
Disabilitas bisa ditelusuri melalui berbagai bentuk: dalam budaya materi dan gaya sastra; penelitian ilmiah, medis dan resmi; seni; arsitektur; sejarah badan amal disabilitas; pengalaman-pengalaman penyandang disabilitas, warisan yang diwariskan oleh penyandang disabilitas yang kini berupa phrenology dan physiognomy; peristiwa-peristiwa seperti Konferensi Milan 1880, dan taksonomi dan kategori-kategori disabilitas – cacat; tuna rungu dan bodoh; lemah pikiran; tuna netra; imbisil dan kretin. Warisan hubungan antara teks inti, ilmiah dan sastra; titik temu disabilitas; teori-teori evolusi dan Antroplogi; gender dan degenerasi. Bagaimana kami menyetarakan suara dan kesaksian penyandang disabilitas bersama untuk membangun “pandangan lama”? Apa keuntungan-keuntungan dan tantangan-tantangan mengajar tentang disabilitas dan penyandang disabilitas pada masa Victorian?
 
Proposal untuk makalah-makalah, panel-panel, poster-poster dan berbagai bentuk presentasi (misalnya tulisan kreatif) yang membuka jalur baru penelitian dan penyelidikan yang berkaitan dengan berbagai aspek disabilitas pada masa Victorian dujikan. Tema mungkin meliputi:
• Resistansi, konformitas, subversi, transgresi.
• Pertunjukan orang aneh dan sirkus.
• Hal-hal yang terlihat dan tidak terlihat dari disabilitas: pengemis, pedagang kaki lima, pedagang asongan; institusi, badan amal, panti, sekolah dan perkumpulan Victorian.
• Praktek Taksonomi.
• Pahlawan dan penjahat penyandang disabilitas; invalidisme laki-laki vs. perempuan; “the school of pain.”
• Teknologi Victorian, prostesis, kemunculan audiologi, perkembangan dan penyebaran huruf Braille.
• Kebangkitan cerita rakyat changeling.
• Gambaran anak-anak dan masa anak-anak.
• Disabilitas sebagai kekuatan moral untuk perbaikan, teologi dan pencerahan/peningkatan spiritual.
• Pembentukan identitas nasional Victorian dan efisiensi nasional, kerajaan, ‘ras’ dan kolonialisme.
• Disabilitas dan rasa takut kehilangan, eugenika dan degenerasi.
• Teks medis dan ilmiah.
• Kebijakan sosial Victorian dan kerangka hukum

Mereka yang terlibat di bidang disabilitas, baik melalui kerja, mengajar atau pengalaman langsung, dan makalah-makalah yang memakai kerangka perbandingan, pergeseran lintasan batas-batas normal sejarah, studi sastra, sejarah medis, sejarah dan ilmu filsafat, sejarah seni, dll diutamakan, tetapi studi penelitian dengan fokus sempit untuk menguji warisan Victorian di bidang ini juga diterima.
 
Batas waktu pengajuan proposal untuk sesi panel (tidak lebih dari 500 kata) dan proposal untuk individu 20 catatan makalah dan presentasi (200-250 kata) adalah 4 Oktober 2010. Di tahap ini proposal/penelitian anda diuji. Seruan untuk menulis makalah kedua dan terakhir akan diterbitkan di bulan Juni 2011.
 
Mohon kirimkan catatan biografi singkat bersama dengan proposal anda. Calon penyelenggara panel juga mengirimkan nama-nama panelis, judul makalah dan catatan biografi singkat untuk masing-masing panelis dan rincian informasi yang bisa dihubungi.
 
Asisten dan wali dibebaskan dari biaya registrasi konferensi. Makalah akan diedarkan sebelum konferensi. Mohon beritahukan sebelum Juli 2011 jika anda ingin LCVS menyediakan penerjemah bahasa isyarat. Mohon beritahukan sebelum April 2012 jika anda ingin LCVS menyediakan pedamping atau asisten. Semua asisten diterima. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan fasilitas-fasilitas dan pelayanan-pelayanan bagi penyandang disabilitas, atau menginginkan seruan untuk menulis makalah ini dicetak dalam ukuran besar, mohon hubungi Joy Hamblin.
 
Makalah dan pertanyaan yang berkaitan dengan ini, dikirim ke Karen Sayer k.sayer@leedstrinity.ac.ukmailto:k.sayer@leedstrinity.ac.uk
 
Pertanyaan umum ke: Karen Sayer, Senior Lecturer in History, Leeds Centre for Victorian Studies, Leeds Trinity University College, Brownberrie Lane, Leeds, LS18 5HD; e-mail k.sayer@leedstrinity.ac.uk; tel. 01132837212 Or, Joy Hamblin, Leeds Centre for Victorian Studies, Leeds Trinity University College, Brownberrie Lane, Leeds, LS18 5HD j.hamblin@leedstrinity.ac.uk; tel. 0113 2837305.

No comments:

Post a Comment