Search This Blog

Loading...

Introduction

Bermula dari dirangkai. Titik demi titik dirangkai menjadi garis. Garis demi garis dirangkai menjadi huruf. Huruf demi huruf dirangkai menjadi kata. Kata demi kata dirangkai menjadi kalimat. Kalimat demi kalimat dirangkai menjadi alinea.

Wednesday, February 23, 2011

What Diah Has Copied: Aplikasi Ponsel Tuntun Penyandang Cacat

Jakarta - Raul Krauthausen, pria asal Jerman yang sejak kecil menggunakan kursi roda, merasa kurang nyaman dengan berbagai pelayanan khusus bagi para penyandang cacat yang disediakan negaranya.

Jerman adalah salah satu negara yang sangat memperhatikan kebutuhan para penyandang cacat dengan menyediakan berbagai fasilitas seperti taksi khusus atau layanan pesan antar kebutuhan pangan.

"Terkadang saya merasa diperlakukan seperti anak kecil yang tidak diperbolehkan melakukan sesuatu sendiri," keluh Krauthausen, seperti dikutip detikINET dari Times Online, Rabu (23/2/2011).

Menurutnya, beberapa perlakukan berlebihan justru membuat para penyandang cacat merasa seperti digurui dan terisolasi dari orang-orang di luar sana.

Namun kondisi demikian selanjutnya mengilhami pria berusia 30 tahun ini membuat wheelmap.org, sebuah aplikasi iPhone dan website yang sebagian operasionalnya di Jerman dan Inggris, yang memungkinkan pengguna berbagi rating dan saran mengenai seberapa terjangkaunya akses menuju suatu toko, bar, atau tempat lainnya.

Dan ternyata, dia bukanlah satu-satunya penyandang cacat yang merasa tidak nyaman dengan berbagai perlakuan khusus. Terbukti, ada sekitar 300 pemberi rating baru setiap harinya yang memanfaatkan wheelmap.org.

Saat ini, wheelmap.org telah memuat sekitar 30 ribu lokasi. Sekitar 80 persen merupakan tempat-tempat yang berada di Jerman. Namun dikatakan Krauthausen, rating untuk kota-kota di luar Jerman seperti London dan New York perlahan kini mulai tumbuh.

"Wheelmap.org ingin membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan mobilitas bahwa segala rintangan bisa diatasi," ujarnya. ( rns / ash )

Sumber: detik.com

No comments:

Post a Comment