Search This Blog

Loading...

Introduction

Bermula dari dirangkai. Titik demi titik dirangkai menjadi garis. Garis demi garis dirangkai menjadi huruf. Huruf demi huruf dirangkai menjadi kata. Kata demi kata dirangkai menjadi kalimat. Kalimat demi kalimat dirangkai menjadi alinea.

Monday, October 10, 2011

What Diah Has Shared: Lomba Design Poster dengan Tema: "Menegakkan Kesetaraan Hak-hak Difabel di Segala Bidang Kehidupan di Indonesia"

Latar Belakang Tema

Lomba kreasi poster ini diselenggarakan untuk mendukung kampanye dan promosi kesetaraan hak-hak difabel melalui gambar dan kreasi dari pergolakan hak-hak difabel untuk mencapai kesetaraan dan keadilan sosial di Indonesia. Sebagaimana diketahui jumlah difabel di Indonesia sudah mencapai lebih dari 20 juta orang (menurut WHO), padahal Negara kita memiliki kerentanan yang tinggi dalam hal bencana alam, angka kecelakaan yang tinggi, malnutrisi, kesehatan reproduksi yang tidak terjaga dengan baik saat kehamilan dan persalinan serta penyakit kronis dan malpraktek kedokteran yang seringkali terjadi.

Meskipun jumlah populasi penyandang disabilitas meningkat secara drastis dan terus menerus upaya perlindungan hukum dan program pembangunan belum sepenuhnya memiliki keberpihakan yang jelas bagi komunitas difabel di Negara Indonesia. Bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah menandatangani Konvensi Hak-hak Difabel pada tgl 30 Maret 2007 yang lalu, namun sampai sekarang Konvensi tersebut belum juga diratifikasi atau disahkan menurut UU di Indonesia. Meskipun sudah ada UU no.4/1997 tentang Penyandang Disabilitas, namun dalam realitasnya penyandang disabilitas/difabel masih belum diposisikan sebagai “subject” dan belum memiliki hak yang setara dengan warga Negara Indonesia lainnya dalam berbagai bidang kehidupan. Akses kesehatan, pendidikan, pekerjaan, olahraga dan rekreasi serta berpartisipasi dalam demokrasi pun masih menjadi hambatan bagi difabel untuk ikut serta berkontribusi dalam pembangunan secara menyeluruh. Apabila difabel diposisikan oleh Negara dan masyarakat sebagai subject atau sebagai manusia yang utuh maka difabel akan mampu menjadi warga Negara yang bisa mengambil keputusan sendiri bahkan bisa berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Untuk itu diperlukan upaya yang terus menerus mengkampanyekan dan mewujudkan pemenuhan hak-hak difabel menuju kesetaraan dan berkeadilan social.

Tujuan Lomba Kreasi Poster:

1. Untuk mendukung kesetaraan hak difabel dalam segala aspek kehidupan

2. Mengoptimalkan kreasi dan karya difabel untuk mengekspresikan kreasi seni dalam bentuk design poster

3. Untuk mengkampanyekan upaya percepatan ratifikasi konvensi hak-hak difabel di Indonesia


Ketentuan Lomba Design:

1. Lomba kreasi poster ini terbuka bagi seluruh anggota KoNas maupun individu serta Organisasi Penyandang Disabilitas, dan masyarakat yang berminat di mana saja berada.

2. Design harus dikirimkan dengan Format Pdf ke panitia penyelenggara melalui email: risna_utami@yahoo.com dan cc ke buyungrt@gmail.com

3. Design poster paling lambat harus dikirimkan tgl 16 October, 2011

4. Pemenang Pertama Kreasi Design Poster akan mendapatkan uang sebesar Rp 500,000; Pemenang kedua Rp 300,000 dan Pemenang ketiga Rp 200,000

5. Setiap karya design yang dikirimkan oleh peserta akan menjadi hak milik panitia penyelenggara

6. Keputusan juri penilai dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

7. Panitia berhak sepenuhnya untuk mempergunakan hasil karya dalam lomba design ini untuk poster yang dipublikasikan oleh panitia.